Penyerahan Mandat Pengurus Gerbang Swara Asahan

Penerimaan Mandat Pengurus Gerbang Swara Kabupaten Asahan, Rabu 02 Nov 2016
Penyerahan Mandat Pengurus Gerbang Swara Kabupaten Asahan, Rabu 02 November 2016

Ketua DPP Gerbang Swara Sumut Tasimin MT mengatakan, organisasi masyarakat (ormas) ini berorientasi pada kerja-kerja swadaya masyarakat dalam bermitra dan bekerjasama dengan pemerintah. Ormas ini berorientasi pada kerja-kerja swadaya masyarakat. Bermitra dan bekerjasama dengan pemerintah dalam melaksanakan akselerasi program-program kerja pemerintah, sebutnya.

Ketua Panitia Pelantikan  menyebutkan, deklarasi dan pelantikan DPP Gerbang Swara Sumut sekaligus tersebut dirangkai dengan penyerahan mandat kepada 20 pengurus kepada kabupaten/kota, seperti Medan, Serdangbedagai, Binjai, Asahan, Langkat, Nias, Nias Selatan. Acara dihadiri sekira 500 orang.

Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi, dalam sambutannya menyebutkan, Gerbang Swara pertama dicetuskan tahun 2005. Gerakan ini, murni gerakan independen yang tidak berafiliasi dengan partai politik tetapi kepentingan masyarakat.

Ketika itu, kami mendapat amanah kabupaten yang baru saja dimekarkan, dengan anggaran yang sangat kecil. Hampir sebagian besar anggaran hanya bisa untuk membayar gaji PNS saja, jika boleh dikatakan untuk belanja pembangunan yang sangat diharapkan apalagi kabupaten baru itu sangat minim sekali, ujar Erry.

Gerbang Swara, menurutnya, sangat baik di tingkat Provinsi Sumut. Apalagi dengan berlakunya Undang-Undang Pemerintah Daerah. Apalagi, kata dia, tahun 2017 semua SLTA itu semua berada di bawah Provinsi Sumatera Utara.

Ada 600 lebih jumlah SMA yang ada di Sumut. Banyak kabupaten yang belum memiliki SMA, walaupun secara total kita punya 417 kecamatan, tetapi mungkin lebih banyak berada di kota-kota besar. Oleh karena itu salah satu tugas Gerbang Swara ini adalah termasuk melaksanakan apa yang saya sampaikan tadi, ujarnya.