Penyebab Stress Muncul, Kenali diri Anda

Stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Beberapa ahli mendefinisikan stres sebagai: Respon non spesifik dari tubuh di setiap tuntutan.

Semua orang tentunya pernah mengalami stress, bahkan beberapa diantaranya ada yang mengalami hingga stress berat dan berakhir dengan depresi. Stress sebenarnya merupakan bentuk dari ketegangan fisik, emosi, psikis, maupun mental. Bentuk ketegangan ini tentunysa bisa mempengaruhi keseharian dari orang tersebut. Bahkan stress sendiri bisa menurun produktivitas, menahan rasa sakit, hingga gangguan-gangguan mental.

Sumber dari stress sendiri sebenarnya merupakan stressor dan ketegangan yang dikenal dengan strain. Banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami stress, antara lain  sebagai berikut :

  • Faktor pribadi menjadi salah satu penyebab stress yang paling banyak terjadi. Mulai dari masalah keluarga, sosial, karakter, ekonomi, dan sifat pribadi lainnya yang dimiliki. Misalnya saja ketika anda memiliki masalah ekonomi yang terhimpit dan tidak sesuai dengan pekerjaan yang anda lakukan tentunya menimbulkan tekanan untuk anda, belum lagi jika ada konflik keluarga, dan masalah lainnya yang menyangkut pribadi anda.
  • Faktor lingkungan juga bisa menjadi penyebab, mulai dari lingkungan rumah, bekerja, dan lainnya dapat menjadi peluang munculnya stress. Misalnya saja ketika di kantor banyak pekerjaan yang menumpuk, lingkungan yang kurang nyaman, dan lainnya yang membuat anda tidak nyaman dan stress.
  • Faktor organisasi misalnya saja beban pekerjaan yang dirasa terlalu berlebih dan tidak mampunya mengerjakan pekerjaan yang diluar kemampuannya.
  • Kurangnya waktu berkualitas bersama dengan orang-orang terdekat anda.
  • Kurangnya minat dan keinginan ketika anda memulai sebuah tugas yang baru sehingga membuat anda mudah bosan karena tidak ada motivasi ataupun gairah yang anda miliki.
  • Tidak pernah mengatakan TIDAK untuk segala tugas yang diberikan pada anda.
  • Tidak ada waktu untuk relaksasi dan berlibur yang mana bisa menyegarkan pikiran anda.
  • Dan lainnya.

Sudahkah Tersenyum hari ini